Magnificent 2011, Wondrous 2012

30 Desember 2011. Hari kedua terakhir di 2011 ini, and here I am, writing this. Mungkin di post ini gw mau cerita dikit tentang taun ini, dan terawangan taun 2012.

Di tengah bulan Desember ini, gw sempet diingetin sama satu orang teman, “inget gak lo, kira-kira hari-hari gini taun lalu kita lagi nyari kosan bareng di Jakarta..” — time does fly fast. Waktu ngobrol gitu sih gw ya menanggapi dengan canda dan sedikit mengingat-ngingat doang ketika gw nyari kosan bareng-bareng sama 3 orang teman. Sekarang yang 1 udah sakses ke Finlandia. Konkrit, ga kaya gw yang cuma bisa bacot pengen sekolah lagi di luar negeri tapi tanpa aksi. Yang satu udah sakses juga di perusahaan multinasional di bilangan Senayan Jakarta. Yang satunya, yang ngingetin gw itu, udah sakses punya venture bidang perhandphonean, nulis buku, dan jadi sepiker di pelbagai ajang teknologi. Gue, ngendon di pojok kamar, nulis ginian kaga jelas.

Kemarin ini juga gw ngobrol sama bokap seputar topik yang sama. Gw memulai dengan bilang, “Pap, hari-hari gini taun lalu Adri lagi bolak-balik ke Jakarta nih, wawancara, nyari kosan..” Dan bokap pun bilang, “iya, ya, waktu cepet banget”. Indeed.

Dan pikiran ini juga yang memenuhi pikiran gw di suatu pagi ketika gw sedang masuk kamar meditasi. Taun lalu, 2010, gw bolak-balik Jakarta Bandung, wawancara sini situ, jalan nyari kosan. Masuk kumpeni VO, terus ngapain aja ya? Turns out, it relates back to Jobs’ quote “when we look back, it’s like connecting the dots”. Pengalaman gw bolak-balik Jakarta-Bandung naik travel, berusaha cari travel sedeket mungkin dengan tujuan kantor tempat wawancara itu akan berubah jadi satu bekal hidup yang berguna buat gw. Pengalaman lain, pengalaman wawancara sana-sini, ngadepin head hunter, ngadepin pertanyaan-pertanyaan maut, pertanyaan-pertanyaan yang mungkin jawabannya bisa jadi satu whitepaper sendiri, dan pengalaman pasang muka dan pede tingkat ga tau malu itu ternyata bisa jadi pengalaman berharga juga. Pengalaman yang bisa gw share ke beberapa temen yang pernah ngobrol-ngobrol minta tips-tips wawancara. Gw seneng banget bisa share pengalaman gw, serta tips-tips yang gw dapet juga dari temen-temen lain ke orang lain. Bukannya gw jadi menggurui, tapi sharing ilmu itu memang asik.

Di kumpeni tempat gw cari makan ini sekarang juga gw banyak belajar dari temen-temen sepantaran di sini tentang pengalaman mereka kerja sebelumnya, atau pengalaman mereka masuk kumpeni ini, dan bahkan ngorek2 info juga dari HR tentang tips-tips nyari kerja, atau tipe-tipe orang kaya gimana yang disukai kumpeni. Well, walau mungkin belum ketauan gunanya buat apa, but I strongly believe that these things will be beneficiary for me and others.

Now I want to share a bit more about things I’ve been through in the company I work for. Gw sendiri lupa-lupa inget apakah gw pernah sharing tentang ini di posts sebelumnya atau belum. Mungkin juga ini post pertama gw tentang apa aja yang gw lalui selama satu tahun kurang 5 hari gw kerja di company ini. Well, not that I have been secretive, tapi gw menghindari aja gw curhat atau nulis info-info yang gak seharusnya gw tulis. Mungkin sharing ini juga bukan ke arah kerjaan, tapi apa yang gw telah lalui. Ok. Ini juga berhubungan dengan pertanyaan simple nan pelik dari salah seorang teman IF06 di grup Facebook seputar pengalaman selama satu tahun jebol dari akademisi Strata 1.

Gw belajar tentang people. People management, people credibility, people relation, people communication, dan lika-liku sosialisasi di dalam sebuah company. Agak kaget sih gw, begitu lulus dari universitas dengan idealisme sendiri lalu terjun ke tempat yang semuanya serba strategic. Strategic di sini dalam artian harus serba dipikirkan dengan mantep. Ga bisa asal ngomong teriak A B, nanti orang lain akan memandang kita macem-macem. Ada yang respek, disrespek, jadi ngejauh dari kita, jadi makin deket sama kita, macem-macem. Gw juga belajar cara pandang strategic dalam memutuskan semua hal. Gw gak kepikir aja anak baru kemarin lulus, lalu ngeliat gimana proses brainstorming, proses risk analysis, proses cost management, dan segala macem bala-bala dan tahu goreng yang terjadi di setiap hari di kumpeni ini. Mesmerizing. Mungkin ini juga yang harusnya gw syukuri gw bisa dapet pengalaman berharga kaya gini. Ya gw bukan tipe orang yang suka kegiatan clerical atau rutin berulang-ulang. Jadi hal-hal seperti ini menarik buat gw.

Gw belajar time management yang tetep aja gw belum bisa terapkan dengan baik, terbukti dengan banyak plan gw yang terbengkalai dan seringkali harus dipingit lagi serpihan-serpihan yang ketinggalan. (Maaf kalo banyak kode tersirat di sini😛 )

Gw belajar giving better presentation. I love delivering presentation. I can say I am passionate about it. Di sini juga gw belajar banyak banget tips-tips tentang giving presentation, dan juga gw punya banyak kesempatan liat langsung orang-orang hebat di kumpeni dalam ngasih presentasi. Dari yang full slide oriented, sampe totally impromptu presentation. These whole experiences have really been insightful for me. Gw baru tau ada yang namanya The Art of Answering Questions. Have you?

Dari segelintir pengalaman yang gw tulis di atas, sekali lagi sih gw pengen coba menyadari diri gw sendiri, kembali lagi gw pengen nulis dan mengekspresikan di sini, I should have been more grateful….

Ok, satu tahun kerja nih. So, what’s next? Ini juga pertanyaan yang dilontarkan temen yang itu lagi itu lagi, dalam pertanyaan yang gak gw edit, “jadi, kapan keluar, Loy?”🙂

Di 2012, gw masih melihat diri gw ada di kumpeni ini karena gw udah diiming-imingi kegiatan yang gw liat sangat exciting buat gw jalani. Godaan paling besar datang dari seorang teman ketika makan siang bersama di sebuah kedai soto daging di bilangan JakSel. “Kalo ga sekarang, ntar udah ketuaan, udah makin susah kalo mau S2 keluar..” — well, true that. Gw gak bisa menyanggah statement itu, dan gw ga bisa juga mengiyakan statement itu. (Red. temen gw ini udah admitted di Netherland buat mid 2012 admission, salute!)

2012 mungkin akan jadi tahun yang biasa-biasa aja buat gw. Tapi mungkin gw akan mengisinya dengan hal-hal yang super exciting, I’m gonna try at least two big things I’ve been planning about and dreaming about. Pasti yang baca ini pada mikir, satu pasti ini.. satu lagi apa ya..? Atau bisa juga udah ketebak dua-duanya gw mau ngapain, tapi gw gak akan bilang-bilang ah. Ntar takut ga jadi, makin aja gw keliatan cuma bacot doang.

Gw inget, di blog ini juga pernah gw nulis tentang resolusi taun baru. Maybe I’ll write about it, maybe I don’t. Even if I wrote about it, maybe I’m not posting about it here.

Untuk konklusinya, gw udah nulis beberapa experience gw, kalo temen-temen stalker out there ngebaca post ini di sela-sela 9gaging activity lo, dan ingin tahu lebih banyak, bisa ngobrol langsung sama ane, I’d be glad to.

2012, please be wondrous!

4 thoughts on “Magnificent 2011, Wondrous 2012

Leave a Reply

