Windows Phone 7 – My Review

Ya, kabar terbesar adalah Nokia menggandeng Windows Phone 7, namun Sistem Operasi Windows Phone 7 ini sudah ada cukup lama sejak tahun 2010.

Gw sendiri pake LG E900 Optimus. Gw share sedikit ya.

Gw sendiri pengguna iPhone yang intensif sebelumnya (handphone cuma 1, iPhone doang, gak pake BB) jadi cukup sulit adaptasi ke WP7 ini.

    Ada 3 tombol fisik di setiap device WP7 (standard Microsoft) 

    Keyboard virtualnya so far lebih enak di iPhone.

    Integrasi addressbook dengan facebook, menjadi aplikasi yang namanya People Hub – cukup membingungkan, malah merepotkan karena SIM contact gw jadi berantakan.

    Internet Explorer masih jauh dari Safari di iPhone

    No Copy Paste – buat gw no big deal

    No Multitask – padahal udah kebiasaan multitask di iPhone yang sangat useful

    Integrasi ke akun email seperti Exchange dan Live (hotmail) sangat baik. Notifikasinya real time (asal internet baik).

    Tampilan keseluruhan UI nya sih cukup rapi dengan perpaduan teks yang sangat cantik menurut gw.

    Belum bisa pakai custom ringtone.

    Beberapa menu tersembunyi, harus tap and hold untuk memunculkannya – bikin bingung di awal.

    Lock button yang cukup kecil dan jauh dari jangkauan telunjuk tangan kiri gw (dibanding iPhone) bikin agak sulit menjangkaunya kalau satu tangan.

    Baterai cukup panas dan boros (wajar sih) ketika digunakan intensif.

    Aplikasi bawaan cukup lengkap, twitter foursquare facebook harus install tersendiri dari Marketplace.

    Twitter app tertinggal sangat jauh dari Twitter for iPhone, begitu pula dengan Foursquare dan Facebooknya. Semua masih kalah dengan versi iPhone.

    Sinkronisasi dengan Zune agak kurang oke, entah kurangnya dimana, tapi lebih baik iTunes dengan iDevice menurut gw.

    Terkadang scrolling di UI nya agak kurang responsif di banding iPhone 3GS gw.

    Panoramic view nya yang merupakan standard UX di WP terkadang menyulitkan (karena belum terbiasa barangkali), suka tergeser ke samping ketika scroll ke bawah..

Mungkin segitu dulu, gw sendiri baru pake ini LG Optimus 3 hari. Sebenarnya mungkin jauh lebih bagus kalau hardware nya pakai HTC HD7 yang menurut gw layarnya lebih mantap, lebih lega, sayangnya agak terlalu besar

Kalau ada yang mau share lagi sangat diharapkan🙂

 

Update :

  • Ga bisa discover hidden wireless network -> di banyak tempat, banyak yang SSID nya hidden.
  • Push notifications yang terbatas. Hanya di native app aja adanya. The nofications are nicely laid out though none for Twitter..

 

Leave a Reply

