Utak-Atik Facebook

Berhubungan dengan tugas KI kali ini, saya memutar otak untuk menemukan cara lain meng’utak-atik’ Facebook, tapi nampaknya pengetahuan saya tentang dunia gelap pemrograman web kurang dalam sehingga saya memutuskan untuk menjelaskan cara ‘mencuri’ user credential berikut ini.
Sekitar bulan Juni tahun lalu, saya berkesempatan Kerja Praktek di salah satu perusahaan mobile cukup ternama di Jakarta. Pekerjaan yang diberikan pada kami anak-anak KP waktu itu (kami bertiga) adalah membuat aplikasi Facebook client di J2ME (dan BREW) yang pada masa itu masih jarang ada Facebook client di ponsel Java, bahkan yang buatan Indonesia rasanya belum ada.
Untuk keperluan pengembangan itu, kami membangun juga sebuah middleware yang tertanam pada server perusahaan itu (dibangun dengan Java) lalu dibuatlah aplikasi J2ME nya yang berhubungan dengan middleware yang telah dibangun. Middleware inilah yang akan mengakses Facebook API untuk seluruh keperluan user seperti update status, memberi komentar, dll. diinvoke.
Nah, sekarang bagian yang usilnya (untuk kebutuhan tugas KI, akan saya beberkan di sini). Jadi, waktu itu pada sisi middlewarenya, kita menambahkan sebuah fungsi yang tidak kami dokumentasikan, yaitu kami menyimpan data username serta password seluruh (calon) pengguna aplikasi Facebook mobile kami kelak🙂 Sekarang ini, berdasarkan informasi dari mantan atasan kami di perusahaan tempat KP dulu, pengguna Facebook yang telah terekam di middleware itu mencapai lebih dari 60.000 users. Tentu saja, seluruh user credential itu telah tersimpan dan siap dimanfaatkan setiap saat🙂

Sekian.

2 thoughts on “Utak-Atik Facebook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s