Good Pirates Copy, Great Pirates Steal

Okay, first of all, I would like to thank God, I’m alive, I’m healthy, I’m online, and my MidTest went not-too-well. I thank God for everything I have, and He’s given to me.
UTS terasa berat, namun bukan untuk diratapi. Paling nampol adalah hari rabu kemarin dimana ada UTS Jarkom which was very hard, terus ada UTS RekLing yang premis nya cuma ttg air, tapi ternyata sulit juga, dan ada deadline Tugas besar Jarkom which was, ngebikin program file transfer. Macam YM bisa kirim2an file, macam peer-2-peer transfer ala Kazaa *masih jaman gak yah peer-2-peer? ato udah jamannya torrent?* Luckily, deadline jarkom diundur jadi hari ini, dan mujurnya.. selesai, walau gak sempurna.
Sobat, gw lagi Selasa kemarin nonton di Cinemax sebuah film yang pas banget dengan hobi gw belakangan ini. Gw nonton film dokumenter, based on true story, berjudul “The Pirates of The Silicon Valley”.

Film ini berkisah ttg 2 raksasa teknologi di dunia, Apple dan Microsoft. Review gw ini gak akan bias, gw berusaha seadil mungkin lah. Jadi film ini bermula ketika Steve Jobs dengan Steve Wozniak masih remaja. Mereka cuma remaja yang masih kuliah, dan menyukai elektronik. Mereka punya angan-angan ingin berbisnis elektronik. Woz, yang ahli ngoprek, berhasil ngebuat “The Blue Box”, sebuah alat untuk ngebajak telepon, jadi bisa free phone call. Bahakn di filmnya diceritakan dia menghubungi The Pope. Dari situ, mereka bertujuan bikin komputer yang bener2 bisa compute. Waktu itu baru ada mesin yang namanya Altair. Altair ini disebut komputer, tapi belum seperti komputer,bahkan Jobs bilang, “It’s just a bunch of EC which beep..” dan tercetus lah perkataan “We can make a software for it” dan lahir lah Apple Company. Jobs dan Woz ternyata dianggap remeh oleh Altair, maka mereka memutuskan untuk membuat komputer mereka sendiri. Komputer mereka akhirnya selesai dan dipamerkan di tengah-tengah peluncuran komputer Altair seri berikutnya, yang langsung dapat menarik perhatian para pengunjung. Apple terus berkembang hingga pada saat mereka mengembangkan operating system, tapi masih tekstual. Hal ini dianggap luar biasa. Di negara bagian lain, Bill Gates muncul. Bill Gates yang ditemani Steve Balmer diceritakan juga sedang mengembangkan OS, tapi ternyata udah keduluan Apple. Gates penasaran dan memutuskan untuk mengunjungi booth Apple saat launching Apple II. Tapi ternyata Gates tidak digubris Jobs.
Cerita gw lompat ke waktu Gates memutuskan untuk menjual “diri” ke IBM yang pada pasalnya adalah musuh bebuyutan, rival besar Apple. Gates mengajukan diri untuk membuat OS untuk seluruh mesin IBM. Tapi ternyata tetap saja Apple menang jauh dari Microsoft. Loncat lagi ke Gates mengajukan diri ke Apple untuk menjadi developer Apple, yang ternyata hanya kedok buat Gates biar bisa ngubek2 komputer Apple untuk membajak OS nya Apple yang berbasis GUI dan udah ada mouse nya. Jobs percaya aja karena Gates agak licik ngomongnya penuh tipu daya. Akhirnya pada sebuah conference dimana Apple launching produk barunya, yang dihadiri juga oleh Gates. Di panggung inilah Gates mengutarakan bahwa sebenarnya dia telah menipu Jobs. Jobs kalap.
Lompat lagi ke saat Apple mengadakan gathering *lupa venuenya apa* dimana John Sculley diminta cheers/toast buat Jobs. Sculley tadinya enggan, tapi karena didesak rekan2 lainnya, akhirnya mau juga. Setelah cheers, tiba2 film terhenti, dan muncul tulisan2 tentang akhir film ini (diceritakan secara tulisan) bahwa 3 bulan seteleh acara itu, Sculley memecat Jobs. Microsoft berhasil menjadi penguasa komputer. Gates menjadi orang terkaya di bumi, dan akhirnya Jobs kembali ke Apple tahun 1997. Di akhir banget dari film ini, terlihat scene dimana Steve Jobs lagi speech di panggung, dan di big screen belakangnya terlihat Bill Gates juga, mereka terlihat akrab. Sungguh seru film ini. Walaupun keluaran tahun 1999, tapi tetap menambah wawasan banyak ttg 2 perusahaan gigantic ini.

Info lebih jelas bisa dilihat di http://www.imdb.com/title/tt0168122/

Quotes of the film is : Ballmer: You’re the only guy I know who pays strippers to put their clothes on!

Selain itu, di sepanjang film, dua karakter pusat di film ini mengucapkan sebuah kalimat yang sebenernya biasa aja, tapi di film ini terlihat sangat keren yakni :

“Good pirates copy, great pirates steal..”

Well, perkembangan dunia sekarang ini dapat kita lihat bersama – sama. Dapat kita rasakan bersama – sama. Hidup kita dibuat jauh lebih mudah, jauh lebih canggih berkat mereka. Bill Gates baru saja pensiun dari Microsoft. Steve Jobs menjadi orang yang fenomenal di industri teknologi. Gue? Duduk di kamar lanjutin belajar basdat.

One thought on “Good Pirates Copy, Great Pirates Steal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s