TripleBooting *sigh*

Ok, gw udah cukup stress. Pertama dengan begitu banyaknya tugas dan waktu pengerjaan yang mepet2 semuanya ini membuat gw tidak begitu nyaman kala makan. Udah gitu nambah lagi kepenatan satu lagi, yaitu instalasi Fedora9 di mac.
Prekondisinya adalah bahwa sesungguhnya Fedora9 adalah OS yang wajib untuk dapat mengerjakan tugas Sistem Operasi (kernel).
Usaha yang telah dilakukan so far 3 hari belakangan adalah gw udah 3 kali instal fedora dan gagal. Di mac gw udah dualbooting. OSX (currently 10.5.5) dan XP service pack 2. Berikut adalah langkah yang udah gw tempuh :
Partisi HDD jadi 3 bagian 180GB(MacJournaled) buat Mac, 32GB(FAT32) buat win, dan sisanya buat Linux.
Masukan CD instalasi Fedora9 dan nyalakan macbook sambil tahan ‘c’ dan ikuti perintah untuk instal (cukup mudah)
Seudah instal, linux akan reboot otomatis, dan udah gitu, yang diharapkan adalah dengan menahan tombol option saat booting, akan muncul 3 pilihan partisi untuk boot.
Hal ini memungkinkan karena MacOS menganut EFI sama halnya dengan linux, kalo windows pake BIOS buat bootnya buat mengenali hardware2 nya. Nah jadi ini menjelaskan juga kenapa kalo di PC yang dual boot ama linux biasanya pilihan pertama kali keluar mau boot dimana itu berbasiskan linux.
Eh nyatanya, cuma nampak 2 partisi, Mac dan XP. Oke karena penasaran gw coba boot dengan XP. Eh ternyata gak nyampe 3 detik, langsung bluescreen of death muncul dan langsung reboot. Gw terkesima. Karena penasaran coba boot lagi deh ke XP, sama aja kejadiannya. Oke gw boot ke Mac, gw cek di DiskUtility nya ternyata partisi buat linux gak terdeteksi, dan hanya dianggap free space tak terpartisi (mungkin karena format HDD linux gak terdeteksi Mac).
Oke sekarang problemnya adalah, linux gak berhasil keinstal, dan XP gak jalan. Oke gw remove partisi linux, eh ternyata windowsnya jadi jalan lagi! Takjub!
Berbekal rasa ingintau, gw install lagi deh linux fedora9. Kejadian sama seperti di atas.
Kemarin gw tanya ke Dika IF05 yang berpengalaman install 3 boot di macpro nya. Katanya pake refit dijamin lancar. Oke gw unduh refit dan gw install. Nothing happen yet. Okay gw install lagi fedora9.. hasilnya tetap saja tidak bisa.. gw udah browse2 cari2 info sapa tau ada yang bisa bantu gw, gw perlu tutorial instalasi nih ke Pak Jalmiburung..

Ada yang bisa bantu?

5 thoughts on “TripleBooting *sigh*

Leave a Reply

