Mengenai Hipnosis dikutip dari Romy Rafael

Hope this helps🙂

Apa itu hipnosis?
Hipnosis adalah keadaan alami dari relaksasi total tubuh dengan keadaan kesadaran pikiran meningkat lebih tinggi daripada biasanya. Ketika memasuki keadaan hipnosis, kesadaran Anda terhadap apa yang terjadi di sekitar jelas akan berkurang bila dibandingkan kesadaran terhadap perasaan-perasaan di dalam diri Anda. ini artinya fokus anda secara internal lebih tinggi

Dengan sendirinya, Anda akan memfokuskan perhatian kepada sugesti yang ditanamkan dalam diri Anda sebagai upaya mengatasi suatu ma¬salah. Selama proses hipnosis berlangsung, Anda berada dalam tahapan per¬ubahan yang berguna untuk meningkatkan kesehatan, meningkatkan ke¬sa¬dar¬an diri, dan untuk mengakses berbagai sumber positif diri Anda. Satu hal yang harus Anda ingat, selama hipnosis berlangsung, Anda tidak berada dalam keadaan benar-benar tertidur maupun terjaga. Begitu pula Anda tidak akan kehilangan kendali atau kontrol atas diri Anda.

Dalam keadaan rileks, alam bawah sadar pikiran Anda justru lebih dapat menerima sugesti yang masuk dan mampu memberikan respons atas stimulus dari luar, yaitu sugesti yang di¬berikan. Sugesti itu ditujukan untuk daerah yang ingin Anda ubah pada diri Anda.

Apa itu hipnoterapi?
Hipnoterapi adalah terapi menggunakan hipnosis untuk memfasilitasi perubahan. Sugesti yang telah disetujui sebelumnya ditanamkan ke dalam alam bawah sadar sementara Anda berada dalam keadaan rileks terhipnosis. Selama proses hipnosis tersebut berlangsung, Anda tidak dapat dan tidak akan melakukan se¬suatu yang tidak Anda kehendaki.

Bagaimana agar saya tak bisa dihipnotis?
Siapa pun bisa dihipnotis asal mereka menginginkannya. Namun, ada beberapa orang yang tak biasa dan tak boleh dihipnotis, yaitu mereka yang berada di bawah pe¬ngaruh alkohol atau obat-obatan terlarang, mereka yang mengalami depresi klinis, dan mereka yang menderita epilepsi.

Akankah saya tetap mengingat hal yang dikatakan kepada saya?
Mayoritas klien ingat tentang semua hal yang dikatakan kepada mereka selama dirinya dihipnosis. Bagaimanapun, mereka berada dalam keadaan penuh. Ke¬adaan hipnosis sesungguhnya tak berbeda dengan keadaan ketika Anda me¬ngantuk atau melamun. Meski merasa rileks, Anda tetap saja sadar se¬penuhnya terhadap keadaan di sekeliling Anda. Anda tidak benar-benar tertidur maupun terjaga. Anda juga tetap akan mendengar segala hal yang terjadi di sekitar Anda. Begitu pula jika tiba-tiba terjadi sesuatu yang butuh perhatian Anda, Anda bisa dengan segera membuka mata dan siap menghadapi situasi tersebut.

Bagaimana rasanya dihipnosis?
Anda akan merasa sangat rileks, seperti dalam keadaan setengah tidur. Tubuh Anda mungkin terasa sangat ringan atau sangat berat. Di samping, Anda akan merasa¬kan kehangatan menyelimuti tangan atau kaki. Apa pun yang Anda alami, semua itu sangat alami dan normal adanya.

Anda mungkin merasa seolah-olah tak bisa bergerak meski Anda tahu bahwa Anda bisa melakukannya. Sementara Anda me¬rasakan waktu seakan-akan berjalan begitu cepat. Anda mungkin juga akan mengalami rapid eye movement (REM) atau gerakan kelopak mata yang sangat cepat ketika Anda memasuki tahapan hypnosis. Kelopak mata Anda te¬rasa bergetar, meski orang umumnya tidak sadar terhadap sensasi ini.

Bagaimana hipnosis bekerja?
Sugesti yang sebelumnya telah ditanamkan, masuk ke dalam alam bawah sadar pikiran Anda untuk membantu mengatasi permasalahan yang Anda hadapi. Contohnya ingin Menghilangkan Menghilangkan berat badan yang tidak anda inginkan anda, menghilangkan berat badan, menghilangkan emosi-emosi negatif atau meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Adakah efek samping atau efek negatif hipnosis?
Tidak ada. Selama dalam keadaan hipnosis, Anda tetap berada dalam kendali penuh. Anda tidak dapat diperintah untuk melakukan sesuatu yang tidak Anda ke¬¬hendaki. Begitu pula Anda tidak akan menerima sugesti apa pun yang tidak di¬terima oleh pikiran Anda.

Apakah hipnosis akan membuat saya melakukan hal-hal konyol?
Tidak. Sekali lagi saya katakan, Anda tidak akan pernah melakukan apa yang tidak Anda inginkan selama Anda berada dalam keadaan hipnosis. Khususnya apa yang bertentangan dengan moral Anda. Hanya hipnosis untuk entertainment saja yang mendorong seseorang melakukan hal-hal konyol, dan ini pun semata untuk kepentingan hiburan. Biasanya orang yang akan dihipnotis pun sudah tahu bahwa itu semua untuk kepentingan hiburan. Jadi, mereka sudah bersiap-siap me¬¬lakukan hal-hal konyol yang menghibur penonton. Namun, untuk kepentingan terapi, Anda tak akan diperintahkan melakukan hal-hal konyol mengingat niat awal Anda adalah untuk terapi.

Apakah saya akan kehilangan kendali selama sesi berlangsung?
Tidak. Anda tidak akan kehilangan kendali. Anda berada dalam kendali penuh selama sesi terapi berlangsung, dan dapat menghilangkan sesi kapan pun Anda mau. Anda berada dalam kesadaran yang penuh dan dapat mendengar apa pun yang terjadi di sekitar Anda. Seorang hipnoterapis tidak akan pernah bisa meng¬ambil alih kendali pikiran Anda. Ia bertugas sebagai fasilitator lewat sugesti yang diberikan, agar Anda bisa terhindar dari Ketakutan anda yang ingin Anda ubah.
_________________

Well, what do you think? Post di comment yah! Saya sendiri pernah lho menghipnotis sekitar 5 orang, termasuk rekan di ITB! :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s