Exception.. Duh!

Hati – hati dalam programming 

Bagi Anda yang sering memprogram, atau coding, apalagi yang pakai C++, JAVA, atau .NET , ada satu tips yang mungkin udah pernah dialami sendiri sebelumnya, namun bagi yang belum, di sini gw akan memberi satu tips yang sempat membuat gw kebingungan saat kemarin explorasi tentang C#.NET dalam rangka membuat proyek tugas STMIK.

Mungkin Anda telah familiar sebelumnya dengan EXCEPTION handling oleh beberapa kakas pemrograman seperti JAVA atau C#.NET dan lain-lain yang juga ada fitur exception nya. Nah, satu tips dari saya adalah ketika menggunakan blok seperti ini

Try {
//kode
//kode
}
catch { // bisa juga finally
//error handling atau message
}

yakinkan dahulu bahwa kode program dalam blok “try” sudah benar 100% karena bila terjadi kesalahan tentu saja akan masuk ke blok “catch”. Satu lagi yang penting adalah, bila membuat kode exception seperti ini, blok “catch” nya diisi oleh minimal error message. Mengapa?
Hal ini terjadi pada gw saat koding NUNU2 STMIK. Jadi gw koding nih ceritanya, gw buat sebuah method. Ternyata setelah dikompile, ada error bahwa method gw itu tidak menghandle null reference or something (gw lupa). Nah, dasar gw berotak licik, gw langsung aja pasangin exception mentah – mentah (pasang try di methodnya dan blok catch nya gak gw isi apa apa) saat dikompile, memang berjalan sesuai keinginan sampai method yang gw buat di atas dipanggil dan ternyata error.
Error ini membuat gw dan andri frustasi karena kita sangat yakin semua algoritma sudah benar, semua method dan constraint2 udah dideclare. Tapi kok masih error ya? Akhirnya andri membuka semua blok try catch dan terlihatlah bahwa memang kesalahan terjadi di blok try catch yang gw buat. Yahh.. itulah kesalahan yang minor terjadi akibat ingin cepat selesai hehehe, jadi skemanya adalah saat method gw dipanggil, ternyata memang perlu ada penanganan tersendiri untuk kasus null reference, tapi karena gw buru-buru dan agak males bikin penanganannya, jadi gw pasang try dan catchnya gw kosongin. Jadi begitu program jalan dia nemuin error, dia langsung masuk blok catch gw sedangkan di blok catch gw kosong, jadi gak ada pesan apa2.. jadi gw tidak aware bahwa ada error di bagian itu..

So, belajarlah dari pengalaman ini hehe

Leave a Reply

